Hubungi CS Online Kami

CS 1 CS 2

Info pemasangan iklan hubungi 0856-4774-0818 /0813-2876-5444 / 0853-2877-8500 /0813-2764-5000

Berita | Purbalingga

Wujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui Bahasa Santun


foto Wujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui Bahasa Santun/BMSTVNEWS-Tim Liputan

Bahasa bukan sekadar sekumpulan kata atau seperangkat kaidah tata bahasa, melainkan khazanah berbagai refleksi pemikiran, pengetahuan, dan nilai-nilai yang dianut penuturnya. Komunikasi yang santun diwujudkan dengan penggunaan bahasa yang tidak menimbulkan konflik, rasa ketersinggungan, dan kemarahan bagi pihak pendengar

Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Hafidz Muksin, S.Sos., M.Si., dalam Seminar Literasi Nasional “Perpustakaan sebagai Pusat Literasi Menuju Gerbang Dunia” di SMAN 1 Bobotsari pada Rabu, 14 September 2022. Seminar tersebut digelar oleh Perpustakaan Surya Cendekia, SMAN 1 Bobotsari, Purbalingga, berkolaborasi dengan IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) Jawa Tengah, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Dinas Arpusda) Purbalingga, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga, serta Sekretariat Badan Bahasa.

“Kesantunan berbahasa ini penting karena terkait dengan bagaimana menciptakan sumber daya manusia yang unggul, yaitu belajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” ujar Hafidz di aula SMAN 1 Bobotsari pada 14 September 2022.

Hafidz menjelaskan bahwa bahasa yang disampaikan oleh penutur kepada mitra tutur semestinya memenuhi nilai kesantunan karena budaya kita adalah budaya santun. Kesantunan saat berbicara juga harus sesuai dengan yang ada di dalam hati nurani kita serta tidak akan menimbulkan celah-celah konflik. Hafidz mengajak masyarakat agar meningkatkan literasi secara terus-menerus. “Saya ingin mengajak penerapan tiga ng, yaitu ngerti, ngrasa, dan nglakoni. Dimulai dari mengerti, memahami, menerima, melakukan, dan membiasakan sebagai tahapan mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan budi pekerti luhur,” tambahnya. 

Hafidz menambahkan bahwa pada tahun 2022 Badan Bahasa telah mencetak 500 judul buku dengan oplah sebanyak 12.159.182 buku yang disebarkan ke 7.609 satuan Pendidikan di wilayah 3T. Di samping itu, tidak hanya mengirimkan buku-buku ke sekolah, pihaknya juga melakukan pendampingan kepada para guru untuk dapat memanfaatkan buku-buku tersebut agar dapat meningkatkan literasi dan pembelajaran di sekolah.

“Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah sebagai unit pelaksana teknis di daerah juga telah melakukan terobosan dengan menggelar bimbingan teknis dan rapat koordinasi dengan penggerak literasi, bengkel sastra bagi generasi muda dalam penulisan cerita pendek, puisi, dan cerita anak. Bengkel literasi bagi penggerak literasi di kalangan guru juga dilakukan melalui penerbitan antologi cerita anak hasil karya guru,” tuturnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah IX Provinsi Jawa Tengah, Dwi Yuliati Mulyaningsih, S.Pd., M.M., menyampaikan pentingnya tugas pustakawan untuk mengelola, mendesain, menata ruang-ruang perpustakaan yang ada di sekolah. Perpustakaan sekolah diharapkan bisa menjadi ruang rekreasi yang menyenangkan bagi peserta didik.

“Bapak dan Ibu harus berimprovisasi, berinovasi, dan berkreasi, agar perpustakaan bisa menjadi tempat rekreasi, sehingga menimbulkan dampak positif yaitu anak akan memanfaatkan peran perpustakaan sebagai sumber belajar bagi mereka, Jangan sampai buku-buku itu hanya menjadi koleksi yang masih tersimpan rapi. Ini menjadi tantangan kita. Bapak dan Ibu perlu menjadi contoh. Kalau perlu, rumah Bapak dan Ibu menjadi perpustakaan bagi keluarga di lingkungannya” ungkap Yuliati.

17 Sep 2022 14:39:57 Penulis: Tim BMSTV/Editor: Ari

Berita Lainnya

Pembayar Pajak Dan Balik Nama Kendaraan Meningkat
Progam pembebasan denda pajak, pajak ke 5, dan pembebasan bea balik nama oleh pemerintah propinsi Jawa Tengah,di sambut antusias oleh masyarakat, hal ini dapat di lihat dengan peningkatan pembayaran pajak dan balik nama pemilik kendaraan di kantor samsat Kabupaten Purbalingga.
12 Tim Futsal MTS Muhammadiyah Rebutkan Piala K3M
Dua belas tim futsal dari Sekolah Madrasah Syanawiyah MTS Muhammadiyah dan Usriyah di Kabupaten Purbalingga mengikuti turnamen futsal, turnamen memperebutkan piala bergilir K3M MTS Kabupaten Purbalingga di gelar dalam rangka untuk mengembangkan prestasi siswa di bidang olahraga futsal serta menjalin silaturahmi antar siswa.
Ratusan Pembalap Sepeda Ikuti Soedirman Gran Fondo
Ratusan pembalap sepeda dan luar daerah dan nasional, mengikuti event olahraga bersepeda Soedirman Gran Fondo, event yang baru pertama kali di gelar ini menempuh rute yang cukup menantang di wilayah Kabupaten Purbalingga.
Menhub, Targetkan Bandara JBS Dapat Beroprasi Kembali
Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menargetkan pada bulan Oktober bandara JB Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah dapat kembali beroprasi dengan tiga flight dalam seminggu, untuk mendukung optimalisasi pengoprasian Bandara JB Soedirman, 6 kepala daerah di sekitar Purbalingga berkomitmen untuk melakukan blocking seat, hingga oprasional bandara berjalan norma.
Mengamuk Dan Pecahkan Kaca ODGJ Di Tertibkan
Mengamuk dan pecahkan kaca gerobak milik pedagang, Orang Dalam Ganguan Jiwa (ODGJ), di tertibkan petugas Satpol Kabupaten Purbalingga, selain mengamuk ODGJ tersebut juga sering memaksa meminta uang kepada masyarakat.
LSM Berikan Bantuan Sembako Bagi Warga Kurang Mampu
Sebegai bentuk kepedulian kepada masyarakat kurang mampu, Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM, Lentera Jiwa Nusantara, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, memberikan bantuan berupa sembako kepada salah satu warga Desa Selakambang, Kecamatan Kaligondang, bantuan di serahkan dengan cara di antar kerumah penerima bantuan.
Satpol PP Distribusikan Bantuan Telur
Satpol PP Kabupaten Purbalingga mendistribusikan bantuan telur bagi masyarakat terdampak kenaikan BBM bersubsidi, bantuan diserahkan di masing masing kecamatan untuk diserahkan terhadap masyarakat yang terdampak kenaikan BBM bersubsidi.
Pisang Berbuah Di Tengah Pohon Hebohkan Warga
Warga Desa Campakoah, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah, dihebohkan buah pisang yang berbuah di tengah pohoh pisang, uniknya buah pisang ini juga memiliki lebih dari satu tandan pisang.
Pembangunan Pondasi Jalan Raya Bojongsari Sempat Terhenti
Akibat terjadinya longsor, pembangunan pondasi Jembatan Kalingga di Jalan Raya Bojongsari, ruas jalan Purbalingga Pemalang sempat terhenti. Pembangunan mulai di kerjakan kembali setelah tiga hari terjadinya longsor dengan terlebih dahulu melakukan pengerukan longsoran tanah menggunakan alat berat.
Tidak Memiliki Gedung Siswa SMK Belajar di Ruko Pasar
Tak miliki gedung sekolah ratusan siswa SMK Karangjambu, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, terpaksa belajar di ruko komplek Pasar Desa. Sebelumnya mereka belajar dengan menginduk di gedung SMP Negeri 1 Karangjambu dan di sejumlah rumah rumah warga, bahkan sebagian mereka ada yang belajar di tenda.
Hujan Deras Rumah Longsor Timpa Tembok Rumah
Hujan deras yang terjadi pada Jumat sore kemarin, mengakibatkan, sebuah rumah milik warga Desa Kajongan, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah longsor dan menimpa tembok rumah di bawahnya hingga jebol, beruntung tidak ada korban jiwa namun kerugian di taksir mencapai 30 an juta rupiah.
Gowes Sehat BPR BKK Purbalingga Serahkan CSR
Guna menjaga kesehatan karyawanya, PT. Bank Perkreditan Rakyat BKK atau BPR BKK Purbalingga, Jawa Tengah, menggelar sepeda sehat dengen menempuh perjalanan kurang lebih 7 kilo meter, selain jalan sehat, dalam kegiatan tersebut juga di lakukan sosialisasi gebyar tamades dan bantuan serta penyerahan CSR kepada pondok pesantren dan masjid.
Satpol PP Tertibkan Pengamen dan Pengemis.
Sejumlah pengamen dan pengemis badut terjaring razia Satpol PP Kabupaten Purbalingga, mereka yang terjaring razia langsung di amankan dan dibawa ke Rumah Singgah Dinas Sosial untuk diberikan pembinaan agar tak kembali mengemis di jalanan karena dapat mengganggu ketertiban umum.
Petugas Damkar Lepas Cincin Macet Di Jari.
Hati-hati jika bermain ,seorang warga di wilayah Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, tak bisa melepas cincin mainan dari baut, akibatnya jarinya pun bengkak karena cincin yang dimasukan ke jari tak bisa dilepas, cincin baru bisa dilepas setelah digerinda oleh Petugas Pemadam Kebakaran Purbalingga.
Penjualan Nasi Uduk Dengan Cara Unik.
Guna menarik pembeli seorang, pedagang nasi uduk di purbalingga jawa tengah memiliki cara yang unik dan kreatif, pria ini menawarkan dagangannya dengan cara berdandan ala badut dan keliling menaiki sepeda akrobat, untuk menawarkan dagangannya, upayanya pun tak sia-sia karena cukup menarik perhatian masyarakat dan barang dagangannya pun laris manis.
FLKP Tolak Kenaikan BBM
Puluhan pimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM) dan organisasi masyarakat yang tergabung dalam Forum Lintas Kelembagaan Purbalingga menolak kenaikan BBM bersubsidi, penolakan tersebut disampaikan kepada DPRD Kabupaten Purbalingga untuk diteruskan kepada Pemerintah Pusat.
Supir Truk Deklarasikan Zero ODOL
Puluhan sopir dump truk dan sopir kendaraan angkutan barang melaksanakan Deklarasi Purbalingga Zero Over Dimensi dan Overloading atau ODOL, deklarasi dilakukan sebagai komitmen para sopir truk dan angkutan barang di Kabupaten Purbalingga untuk tidak melanggar ketentuan ODOL.
Kasus Narkotika Kembali Terungkap, Barang Bukti Sabu 1,48 Gram.
Penyalah gunaan narkotika di kabupaten Purbalingga kian marak, hal ini terlihat dari banyak nya kasus yang terungkap, kali ini polres purbalingga kembali berhasil mengungkap kasus penyalahgunaan narkotik dengan mengamankan dua orang tersangka bersama barang bukti berupa sabu seberat 1,48 gram.
Kasus Korupsi Di Kantor Pos Di Limpahkan Kejari
Kasus tindak pidana korupsi di kantor pos pembantu Kecamatan Rembang kabupaten purbalingga dengan tersangka mantan Kepala Kantor Pos Cabang Rembang ES, di limpahkan ke Kejaksaan Negeri Purbalingga,pelimpahan di di lakukan untuk pemeriksaan berkas, tersangka dan barangbukti, sebelum di limpakah kan ke Pengadilan Tipikor Semarang.
Dalam Sebulan Empat Kasus Narkoba Terungkap
Dalam kurun waktu sebulan, Satresnarkoba Polres Purbalingga, berhasil mengungkap empat kasus penyalahgunaan narkoba yang terjadi di wilayah Kabupaten Purbalingga, dari empat kasus tersebut, berhasil mengamankan tujuh tersangka bersama barang buktinya.

© 2016 - 2022 BMSTV. All rights reserved.